Riwayat Buku Google

Riwayat Penelusuran Buku Google

Pada suatu saat terciptalah Penelusuran Buku Google.

Sebenarnya sih, ga begitu. Tapi orang bisa saja mengatakan bahwa proyek ini setua Google itu sendiri. Pada tahun 1996, para pendiri Google, Sergey Brin dan Larry Page adalah mahasiswa lulusan ilmu komputer yang melakukan proyek penelitian yang didukung oleh Stanford Digital Library Technologies Project. Tujuan mereka adalah membuat perpustakaan digital, dan gagasan besar mereka saat itu adalah: di masa yang akan datang, di mana koleksi buku yang luas didigitalkan, orang-orang akan menggunakan "penjalar jaringan" untuk mengindeks isi buku dan menganalisis hubungan antar buku, menentukan relevansi dan kegunaan buku apapun dengan menelusuri jumlah dan kualitas kutipan dari buku-buku lainnya.

Penjalar yang mereka bangun dengan begitu bersemangat dikenal dengan nama BackRub, dan sentuhan modern pada analisis kutipan tradisional inilah yang menginspirasi algoritma PageRank Google – teknologi pencarian inti yang membuat Google begitu khas.

Kemudian, Larry dan Sergey membayangkan orang-orang di manapun dapat menemukan buku yang mereka cari di antara seluruh buku di dunia. Yang tidak pernah mereka bayangkan adalah bahwa suatu hari mereka akan meluncurkan sebuah proyek untuk membantu mewujudkannya.
Sumber: books.google.co.id

0 komentar:

Posting Komentar

 
© 2009 Ikuti Kontes | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template Valid X/HTML (Just Home Page) | Design: Choen | PageNav: Abu Farhan