Produk Google Untuk Seorang Blogger Bag. 3

Melanjutkan artikel saya tentang produk google dan bag.2-nya

Google Trends
Layanan google yang satu ini bermanfaat untuk melihat perkembangan trend yang sedang terjadi. Berguna jika anda ingin mengetahui keyword yang bisa anda gunakan sesuai trend yang sedang berlangsung. Kegunaanya anda bisa menggunakan keyword-keyword yang sedang menjadi trend dalam penulisan artikel di blog anda.

iGoogle
iGoogle adalah halaman homepage yang bisa dipersonalisasi sesuai keinginan anda. Banyak wigdet yang tersedia di iGoogle yang lebih memperkaya informasi pada halaman homepage broeser anda. Kegunaanya mensentralisasi semua kebutuhan informasi yang bisa anda gunakan untuk penulisan artikel blog anda pada satu halaman yang terpadu. Yang perlu diingat iGoogle memerlukan setting penerimaan cookies yang aktif pada browser anda.

Picasa
Layanan google ini merupakan layanan photosharing. Layaknya Flickr. Picasa album juga menjadi salah satu alternatif photosharing jika anda memiliki akun google. Kegunaanya bisa anda manfaatkan jika anda ingin mengupload foto untuk blog anda dan tak ingin memakan spasi pada blog dengan hosting sendiri.

Youtube
Merasa perlu untuk menambahkan cuplikan video atau podcast pada blog anda, gunakan saja youtube untuk tempat menguploadnya. Yap youtube memang sudah menjadi bagian dari Google Inc. Jika anda memiliki akun google maka manfaatkan saja resource yang diberikan google ini secara cuma-cuma. Kegunaanya sebagai media hosting video yang ingin anda masukkan kedalam tulisan blog anda.

Google Webmaster Tools
Google Webmaster adalah tool dari google untuk mensubmit, meningkatkan, statistik dan diagnosa situs. Google analytis termasuk kedalam jajaran google webmaster tools ini. Kegunaannya untuk menganalisa semua informasi yang terkait dengan blog anda baik trafik pengunjung, maupun analisa untuk keperluan SEO.

Google Groups
Google Groups adalah sarana milis yang disediakan oleh google sebagai alternatif lain dari Yahoo! Groups. Kegunaannya jika anda aktif juga membangun komunitas sesama blogger pasti sangat bermanfaat untuk kegiatan blogging anda.

Google Code
Google Code merupakan tempat bagi programmer mendistribusikan aplikasi open source mereka. Kegunaannya anda bisa menemukan lusinan soure code yang mampu meningkatkan kemampuan coding blog anda.

Google AdSense
Google AdSense adalah layanan periklanan google dengan sistem Pay-Per-Click ataupun AdSense for Search. Pemilik blog yang telah disepakati bisa memasang iklan unduk mendapatkan pemasukan dari setiap iklan yang di klik visitor dan tergantung kesepakatannya. Kegunaannya bisa menjadi salah satu cara untuk memonetisasi blog anda.

Google AdWords
Google AdWords adalah kebalikan dari google adsense dimana sang pemilik blog yang memasang iklan pada jaringan advertising google. Kegunaannya jika sudah saatnya anda melakukan promosi marketing untuk blog anda melalui iklan, google adwords bisa menjadi salah satu medianya.

sumber: bloggingly.com.

0 komentar:

Posting Komentar

 
© 2009 Ikuti Kontes | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template Valid X/HTML (Just Home Page) | Design: Choen | PageNav: Abu Farhan