Produk Google Untuk Seorang Blogger

Setelah kalian baca tentang sejarah google dan pengenalan produk google secara umum, sekarang saya akan membahas tentang produk google yang baik dimiliki oleh seorang Blogger.

Blogger
Blogger adalah platform blogging terkenal yang telah diakuisisi oleh Goggle dari Pyra Labs. Pasti anda sudah cukup familiar dengan produk yang satu ini dengan domain belakang (dot)blogspot. Blogger menyediakan banyak fitur yang sudah dirancang untuk memudahkan anda dalam berblogging ria. Bahkan integrasi dengan Google Adsense dan Feedburner yang juga dibeli Google. Kegunaannya blogger bisa anda manfaatkan sebagai salah satu platform pendukung aktifitas blogging anda. Blogger sangat cocok sekali jika anda berniat memonetisasi blog anda dengan Google Adsense.

Feedburner
Feedburner adalah tool berbasis web yang membantu pemilik blog dan podcaster untuk mengorganisir RSS feed dan mencatat kegunaan dari subscriber mereka. Penggunanya dapat mencari tau seberapa banyak orang yang telah mensubscribe feed meraka dan program apa yang dipakai untuk mensubscribenya. Kegunaanya anda bisa mengolah atau menganalisis blog anda salah satunya dari jumlah subscriber yang membaca blog anda. Feedburner juga memungkinkan untuk melakukan monetisasi melalui pilihan advertising system Feedburner.

Gmail
Gmail a.k.a Google Mail adalah layanan email gratis dari Google. Anda sudah pasti mengenal layanan email ini jika sudah pernah membuat akun Google karena semua produk Google terintegrasi dengan Gmail. Fitur Gmail yang sangat menarik adalah “conversation view” yang mirip thread pada forum-forum dan adanya fasilitas labeling dan filtering pada pesan-pesan di inbox anda. Tidak perlu khawatir karena Gmail menyediakan free storage sebesar 7 GB. Jika anda memiliki kantor atau organisasi yang ingin menggunakan Gmail sebagai layanan email bisa mencoba Google Apps. Kegunaanya sebagai layanan email client anda.

Google Alerts
Google Alerts adalah update-update email dengan hasil yang sangat relevan berdasarkan topic yang anda pilih. Jadi misalkan anda ingin mendapat alert tentang hal seputar blogging atau copywriting dari google, google alerts bisa memberi tahu anda hal-hal baru yang terjadi dengan topik relevan. Untuk tujuan marketing, Google alerts juga bisa membantu anda memberi tahu keyword-keyword yang sangat relevan dengan keinginan anda. Kegunaanya anda bisa menghasilkan tulisan dengan keyword yang sesuai trend yang berkembang.

Google Analytics
Google Analytics (GA) adalah layanan gratis dari Google untuk menciptakan statistik pengunjung blog anda secara mendetail. GA lebih ditujukan kepada marketer yang ingin menganalisa trafik blog mereka untuk keperluan marketing. GA dapat melacak seluruh pengunjung dari semua referrer termasuk search engine, advertising, jaringan PPC dan yang lainnya. Kegunaanya anda bisa menggunakan google analytics untuk menganalisa trafik blog anda dan menentukan langkah marketing blog anda selanjutnya.
Google Blog Search
Blog Search adalah teknologi Google Search yang terfokus pada pencarian blog. Dengan google blog search anda bisa mencari blog-blog yang lebeih relevan dengan topik yang anda inginkan. Kegunaanya cocok jika anda ingin mencari sumber-sumber inspirasi untuk tulisan anda. Alternatif lain selain layanan sejenis seperti Technorati.

Google Bookmarks
Google Bookmarks asalah layanan bookmark online yang gratis bagi pemegan akun Google. Sama seperti layanan social bookmarking lainnya seperti Digg dan Del.iciou.us yang mempunyai fitur bookmark online sehingga anda bisa mengakses seluruh koleksi bookmark anda dari mana saja. Bedanya Google bookmarks tidak di share kepada orang lain hanya anda yang bisa melihatnya sendiri. Fitur label, tag, dan notes lebih memaksimalkan bookmark anda menjadi lebih terorganisir dengan rapi. Kegunaanya mengorganisir koleksi bookmark favorit anda.

Google Calendar
Google Calendar merupakan layanan pengatur kalender kegiatan, event atau acara apa saja. Untuk anda yang mempunya jadwal yang ketat dalam menulis tulisan yang berkualitas google calendar ini dapat anda manfaatkan sebagai organizer online anda. Fitur update melalui SMSnya pun bisa anda gunakan sebagai penggati reminder pada handphone anda. Google calendar juga terintegrasi ke dalam Gmail melalui widget calendarnya. Event yang anda buat bisa anda share kepada teman atau kelompok secara mudah. Kegunaanya sebagai organizer untuk membantu mengatur jadwal kegiatan blogging anda.

Google Chrome
Google Chrome adalah browser open source besutan Google yang mulai meramaikan perang browser di internet saat ini. Alternatif lain jika anda ingin menggunakan browser yang powerfull. Kegunaanya sebagai browser untuk blogging anda.

Google Custom Search
Google’s Custom Search Engine adalah search engine yang bisa anda gunakan di blog anda, diciptakan berdasarkan teknologi google search yang mempunyai prioritas dan batasan hasil sesuai topik blog yang anda tentukan. Tambahkan Google SCE ini untuk memperkuat pencarian di blog anda.

Google Desktop
Google Desktop is aplikasi desktop dari google yang memudahkan anda mengakses seluruh layanan google dari desktop anda. Di disain untuk memudahkan melakukan perncarian di komputer anda semudah melakukan pencarian di google search. Kegunaanya membantu jika anda ingin mengefesiensikan waktu anda dalam menulis blog dan menggunakan resource-resource dari google.

Selanjutnya

0 komentar:

Posting Komentar

 
© 2009 Ikuti Kontes | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template Valid X/HTML (Just Home Page) | Design: Choen | PageNav: Abu Farhan